Kamis, 21 Februari 2013

Senam: Senam Artistik

Pengertian & Sejarah Senam


Menurut asal kata, senam (gymnastics) berasal dari bahasa Yunani, yang artinya: "untuk menerangkan bermacam-macam gerak yang dilakukan oleh atlet-atlet yang telanjang". Pada awal Olimpiade modern, senam dianggap sebagai suatu demonstrasi seni dan bukan dianggap sebagai salah satu cabang olahraga yang teratur. Nomor senam yang dulunya tidak untuk dipertandingkan, sejak akhir abad ke-19, peraturan-peraturan dalam senam mulai ditentukan dan dibuat untuk dipertandingkan. Dari itu mulai dibentuklah wadah senam internasional, dengan nama Federation International de Gymnastique (FIG), yang mengelola senam artistik, dan senam ritmik.


Senam Artistik

Senam artistik  (Artistic gymnastics) adalah salah satu disiplin olahraga senam, dan merupakan cabang yang sangat populer di olimpiade. Senam artistik dibagi antara putra dan putri. Untuk pertandingan senam artistik, peralatan yang digunakan untuk putra dan putri berbeda. Untuk putra, alat yang dipertandingkan meliputi: floor exercise (senam lantai), pommel horse (kuda-kuda pelana), still rings (senam gelang-gelang), vault (meja lompat), parallel bars (palang sejajar), dan high bar/horizontal bar (palang tunggal). Sedangkan untuk putri, alat yang dipertandingkan meliputi: vault (meja lompat), uneven bars (palang bertingkat), balance beam (balok keseimbangan), dan floor exercise (senam lantai).

Perlengkapan

Kapur
Grips (Digunakan saat uneven bars, high bars, still rings, dan parallel bars)
Mats
Uniform (Termasuk Leotards, Training, dll)

Peraturan

• Masing-masing gymnast hanya diperbolehkan untuk satu upaya /usaha di masing-masing alat, kecuali mereka terganggu bukan karena gymnast-nya itu sendiri.
• Tidak ada rutinitas wajib. Masing-masing gymnast menentukan untuk menyusun rutinitasnya sendiri, tapi mereka diharuskan memenuhi kriteria yang berkaitan dengan tingkat kesulitan.
• Spotter diperbolehkan berdiri di dekat horizontal bars, rings, parallel bars, dan vault. Mereka bertugas untuk mencegah kecelakaan, tapi gymnast akan dikenakan sanksi 0.4 poin jika meminta bantuan.
• Gymnast diperbolehkan untuk dibantu ketika posisi awal pada alat rings dan horizontal bars.
• Kompetitor diperbolehkan menggunakan perban atau grips.
• Pelatihan ketika melakukan rutinitas dilarang.
• Gymnast tidak diperbolehkan meninggalkan arena selama kompetisi tanpa izin.
• Perilaku tidak sportif dikenakan sanksi.
• Dismounts (saat turun/penutupan) harus diakhiri dengan kaki saat posisi berdiri.
• Ada dua panel juri yang menilai kinerja masing-masing. Dua juri khusus yang memberikan penilaian D (difficulty) tergantung pada manuver. Dan enam juri yang secara bebas menilai E (execution) masing-masing penampilan untuk bentuk dan eksekusi.
• Mereka (juri) memberi masing-masing rutinitas sebuah tanda dari 10, mengurangi fraksi poin untuk kesalahan. Kesalahan mengakibatkan hilangnya 0.1 pada poin, kesalahan yang serius harganya 0.2, 0.3, atau 0.4 dari poin.
• Seorang gymnast yang jatuh dari alat dapat kehilangan setengah poin.
• Di all-around, nilai untuk masing-masing kompetitor di masing-masing alat ditambahkan,  diberikannya nilai maksimal 40 untuk putri (10 point untuk masing-masing 4 alat) dan 60 untuk putra (10 poin untuk masing-masing enam alat).
• Di Olimpiade London 2012, usia gymnast minimal harus memiliki usia sebelum 1 Januari 1997. Yang berarti usia minimalnya yaitu 16 tahun dan maksimalnya tidak ditentukan.


Penilaian

Nilai D (Difficulty Score)
Nilai D mengevaluasi isi dari latihan pada tiga kriteria: Difficulty Value (DV), Composition Requirements (CR) dan Connection Value (CV).

*DV: Penilaian diberikan tergantung tingkat kesulitan. Contoh pada balance beam, back layout salto dengan kedua kaki diberi 0.5 poin, namun back layout salto dengan gerakan memutar diberi 0.7 poin.

*CR: Gymnast harus menampilkan keterampilan dari lima grup elemen dari masing-masing alat. Gymnast menggunakan keterampilan untuk memenuhi DV dan CR secara bersamaan. Masing –masing CR diberi nilai 0.5 poin, berarti nilai maksimum saat CR 2.5 poin.
*CV: Poin tambahan diberikan untuk koneksi antara dua elemen atau lebih dari nilai tertentu, dengan 0.1 atau 0.2 poin masing-masing.


Nilai E (Execution Score)
Nilai E mengevaluasi penampilan meliputi eksekusi dan seni dari rutinitas. Poin dasar adalah 10.0. Juri tidak menambahkannya, tapi mengambil poin pada setiap kesalahan dari seorang gymnast. Jika seorang gymnast jatuh, maka ditetapkan poin 1.0 untuk diambil poinnya oleh juri. Kesalahan kecil: poin yang akan diambil 0.1, kesalahan sedang: poin yang diambil 0.3, dan kesalahan besar: poin yang diambil 0.5.

Tambahan
Nilai D dan Nilai E diakumulasikan untuk poin akhir setiap gymnast.
Sistem penilaian tersebut diterapkan untuk semua WAG dan MAG kecuali alat vault.
Setiap vault, nilai D sangat sederhana, setiap gymnast yang tampil sesuai vault yang sama akan menerima poin yang sama.
Nilai E adalah poin dasar pada vault adalah 10.0, para juri bekerja untuk mengurangi poin jika terjadi kesalahan dari bentuk, teknik, eksekusi, dan pendaratan.

Dimensi pada Senam Artistik Alat Putri (Beserta Video)

1. Floor Exercise

Video Floor Exercise 


2. Balance Beam

Video Balance Beam

3. Vault



Video Vault


4. Uneven Bars






















Video Uneven Bars

6 komentar:

  1. sukses gan
    mintak info artikelnya
    kapan senam artistik molai diperkenalkan di indodesia dan tempat2 yang menjual baju senam murah di surabaya
    makasih gan mogamakin sukses

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasih udah mampir gan :D ane juga masih belajar dalam ngebuat artikel di atas :D

      Hapus
  2. Salam kenal Gan
    pada perlombaan senam artistik ini hal utama dari penilai juri itu terletak pada apa Gan?
    dan kalo ada yang cari baju senam wanita dengan merk Crystal terbaru silahkan kunjungi www.bajusenamgrosir.com
    tq :)

    BalasHapus
  3. "salam kenal gan...
    Terima kasih GAn infonya.......Sangat membantu sekali...
    oya gan klo soal info tren baju senam terbaru di Semarang ada juga gak
    moga sukses"

    BalasHapus
    Balasan
    1. salam kenal ya, makasih sudah mampir. soal itu kurang tahu juga soalnya cuma bantu nge-share doang pasca tugas sekolah hehe :D

      Hapus
  4. Oke Gannn..
    Untuk Senam Artistik ini mualai di perkenalkan di indonesia sejak kapan?
    dan Untuk baju senam terbaru Buat senam Artistik Model apa sist ???

    BalasHapus